Sunday, May 1, 2016

FUNGSI DAN TUGAS SURVEYOR TOPOGRAFI

FUNGSI DAN TUGAS SURVEY TOPOGRAFI

FUNGSI DAN TUGAS SURVEYOR TOPOGRAFI

Secara sederhana cara menghitung luas tanah sangatlah mudah dan simple. Cukup hanya dengan memahami matematika dasar dengan menggunakan rumus panjang kali lebar maka dapatlah luas tanah tersebut. Namun sayangnya, tanah atau lahan yang akan diukur tidaklah seperti bentuk kubus yang hanya cukup dengan menggunakan rumus panjang kali lebar.

Pada umumnya luas lahan yang diukur memiliki keberagaman bentuk sudut.Sehingga perlu menentukan titik sudut tanah dengan alat ukur tanah. Dalam pengukuran tanah ada ilmu tersendiri, terutama bagi mereka yang belajar terkait teknik sipil. Biasanya mereka yang berprofesi dalam pengukuran tanah ini disebut sebagai Surveyor. Sehingga bagi Anda yang yang kesulitan dalam mengukur lahan atau tanah tidak perlu pusing memikirkan cara mengukur luas tanah atau bangunan Anda. Anda cukup menggunakan jasa surveyor profesional.



Berikut fungsi dari seorang surveyor di lapangan;
Penentuan ukuran dan bentuk bumi, pengukuran dari semua data yang diperlukan untuk menentukan ukuran, posisi, bentuk, dan kontur pada setiap bagian bumi dan memantau setiap perubahan.
1. Penentuan posisi objek/titik pada sebuah ruang dan waktu serta posisi dan pemantauan bentuk fisik, struktur dan pekerjaan yang berada di atas atau di bawah permukaan bumi.
2. Pengembangan, pengujian dan kalibrasi sensor, peralatan dan sistem untuk pekerjaan Survei
3. Perolehan dan penggunaan informasi tata ruang dari jarak dekat, udara dan citra satelit dan proses-proses yang dapat dilakukan secara otomatis.
4. Penentuan dari posisi batas-batas tanah masyarakat atau pribadi, termasuk batas-batas nasional dan internasional, dan pendaftaran lahan tersebut dengan pihak yang berwenang
5. Perencanaan dan pembentukan system informasi geografis (GIS) suatu daerah dan mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, mengelola, menampilkan dan menyebarkan data.

Dalam melaksanakan tugas diatas, surveyor harus mempertimbangkan berbagai aspek; diantaranya hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial yang relevan sehingga proyek tetap berjalan secara normal. Pekerjaan mengukur tanah dan pemetaan (Survei dan pemetaan) meliputi pengambilan/ pemindahan data-data dari lapangan ke peta atau sebaliknya. Pengukuran yang akan dipelajari dibagi bagi dalam pengukuran mendatar dari titik titik yang terletak diatas permukaaan bumi, dan pengukuran tegak guna mendapatkan beda tinggi antara titik titik yang diukur diatas permukaan bumi yang tidak beraturan ,yang pada akhirnya dapat digambar diatas bidang datar (Peta).

Ilmu ukur tanah merupakan ilmu sebagai dasar dalam melaksanakan pekerjaan survey atau ukur mengukur tanah.Dalam bidang teknik sipil, meliputi pekerjaan-pekerjaan untuk semua proyek pembangunan, seperti survey perencanaan dan pembuatan gedung, jembatan, jalan, saluran irigasi. Sedangkan dalam bidang pertanian untuk perencanaan proyek seperti : pembukaan lahan baru, saluran irigasi dll.

Untuk menjawab persoalan Anda dalam mengukur tanah atau yang berkait dengan ilmu ukur tanah (proyek pembangunan, seperti perencanaan dan pembuatan gedung, jembatan, jalan, saluran irigasi, pembukaan lahan baru, saluran irigasi dll.) maka Kami menyediakan jasa survey untuk Anda.

ALASAN KENAPA ANDA HARUS MEMILIH JASA SURVEY TOPOGRAFI KEPADA KAMI? 

Karena kami telah memiliki pengalaman dalam pengukuran lahan pegunungan, pengukuran letak pemasangan konstruksi atau bangunan, pengukuran jalan tol, pengukuran kavling untuk perumahan, saluran sungai atau irigasi, yang cakupan wilayah kerjanya hingga luar pulau Jawa yang ditangani oleh tenaga handal dan profesional dalam survey pemetaan topografi.


Untuk melakukan penawaran Harga dan informasi lebih lanjut  dapat menghubungi :
Marketing Gallery Bogor : Perum Bukit Az Zikra, Jln. Tawakal 1,  Sentul Selatan, Bogor-Jawa Barat
Phone     : 0857 95738298 (Aswandi)
WA    : 0857 95738298 (Aswandi)
E-mail : pengukurantanahindonesia@gmail.com

FUNGSI DAN TUGAS SURVEYOR TOPOGRAFI

No comments:

Post a Comment